Rabu, 26 September 2012

JENIS TALI / KENUR YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMANCING

Di dalam  dunia pemancingan, senar pancing merupakan syarat mutlak untuk menentukan ikan apa yang ingin kita pancing. Karena kekuatan senar sangat berpengaruh pada saat strike dan fight dengan ikan. Pada umumnya senar pancing ada 2 macam yaitu Monofilament dan Multifilament.

Monofilament Line adalah senar yang terdiri dari serat tunggal yang terbuat dari bahan polimer. Senar jenis ini banyak kita jumpai di toko – toko pancing di sekitar kita dan merupakan favorit para pemancing karena harganya yang relatif murah. Para pemancing biasa menggunakan senar jenis ini untuk memancing sehari – hari seperti di kolam pancingan, sungai, bahkan juga di laut.





Yang kedua yaitu Multi filament Line. Sesuai namanya, senar multifilament adalah senar yang terbuat dari serat polietilen yang sangat tipis yang dirangkai menjadi satu senar yang sangat kuat. Bahkan kekuatannya melebihi kekuatan baja dengan fleksibilitas yang baik. Dengan kualitas yang demikian tentunya harga senar jenis ini jauh lebih mahal dibanding senar monofilament.
Pembeli senar ini kebanyakan adalah para penghoby mancing di laut yang menginginkan strike ikan yang besar seperti tuna, marlin, GT, dan lain – lain. Mengingat ikan – ikan tersebut selain besar juga memiliki gigi yang tajam, sehingga memerlukan senar yang tidak mudah putus ketika terkena gigi – gigi ikan tersebut.
Beberapa merk senar terkenal adalah Galis, Varivas, Nitlon, Maguro, Okuma, Kai’zen dan sebagainya.

2 komentar:

Silahkan berkomentar/bercerita/menulis semua tentang memancing disini!!

Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-kotak-komentar-facebook-di.html#ixzz275VlO3zm